24 Jam Ga Cukup Buat Desain

Categories: Tips Branding & Pemasaran

ah yang bener, buat yang ga pernah desain pasti ga percaya, tapi ada juga yang pernah ngedesain dan ngerasa ga berbakat bilang boro boro ngedesain berfantasi desainnya aja gimana bingung.

yang pernah ngedesain pasti tau kalo itu benar. dulu waktu klien masih sedikit emang cukup aja wong sehari paling cuma satu, kalo sekarang bisa sampai 3-5 customer.

1 order itu bisa setengah hari, udah tercatat sama ane sendiri, mulai kerja jam 8 beres itu jam 1 buat 1 brosur tapi emang ga full karena merangkap jadi cs juga harus jawab pertanyaan dan juga kirim desain yang udah jadi ataupun revisian yang udah beres plus ngobrolin hasil revisian.

nah kalo begini, semuanya harus perfect termasuk suasana hati juga kecepatan internet. pokoknya jangan ada gangguan teknis, karena ada gangguan teknis sedikit bisa bisa suasana hati ilang dan mood kabur ujung ujungnya bisa ga plong waktu ngedesain.

desainer itu bisa bikin desain yang keren dan mewah, tapi customer ga tau kalo tempat kerja desainer rata rata sederhana, ya karena faktor harga juga customer Indonesia belum bisa menerima harga desain yang tinggi. Hampir semua sih tapi sekarang arahnya sudah merangkak ke atas.

saya udah silaturahmi ke beberapa desainer yang cukup mashur di internet, kalo kebanyakan customer lihat website nya terkesan mewah dan adalah perusahaan besar, aslinya tempat kerja – baca studio hehe – ga lebih mewah dari rumah si customer nya.

ya tapi memang hasil dari mendesain cukup ok, kalo mau dikerjain sendiri, tiap bulan kalo ga pake makan dan bayar tagihan bisa lah buat beli motor matic cash, tapi itu mustahil. dengan harga rentang segitu untuk menjaga konsumen tetep masuk maka kita harus bangun tim karena mustahil bisa megang order yang masuk. tapiii kalo harga naik customer pada kabur. saya belum tes juga sih tapi pernah naikin langsung balik kanan hehe.

ya sementara sih enak kerja dengan kerjaan yang sifatnya hobi. tapi kadang lama kelamaan ada jenuhnya juga loh. jadi gini rasanya tiap hari mikirin desain, kadang mau tidur itu ga nyaman persis kaya orang mau tidur tapi belum solat isya. mata udah parah cape nya tapi harus beres. dan itu bakal ga efektif inspirasinya.

pengen besok pagi tapi deadlinenya tambah ngeri. kalo udah ditagih bawaannya dag dig dug. emang kelebihan jasa desain itu kalo kita punya keunikan dan portofolio kita udah banyak maka pesaing sulit untuk meraih customer cuman ya itu mereka yang mau masuk jasa desain itu harus tiap hari kadang sport jantung. karena kita bukan jualan barang.

sementara jualan barang ga pake sport jantung tapi sekarnag konsumen indonesia itu adalah para PELACUR harga. terlebih ketika ada market place yang warnya IJO dan MERAH MARUN, si I dan MM ini udah dimasukin sama importir langsung jadi yang jadi reseller kedepannya bakal mati kecuali si I dan MM nanti bangkrut ya,

masalahnya dulu para importir itu cuma bersarang di tempat2 yang cuma diketahui oleh reseller offline dan kini mereka langsung buka diri ke konsumen akhir. walhasil cek harga bakal bikin penjual nangis dengan margin yang sangat tifis. sementara buyer di untungkan, dan yang ane lihat barang banyak yang kw yang penting murah dari konsekuensi pembeli yang maunya murah.

itu jualan barang ya. jadi ya bisa jadi ane ga tau gimana ujung dari semua ini dalam masalah jualan barang, tapi untuk jasa desain ane percaya masih ada pasarnya beberapa tahun kedepan tapi ane sendiri selain jasa desain juga jaga jaga denga nusaha yang lain.

yang penting jangan lupa profesi utama jadi Hamba Allah karena beberapa tahun kedepan pasar memang ga menentu tapi pasti ane bakal mati juga anda.

Author: zannoism

Zannoism.com adalah tempat dimana Zannoism melayani kebutuhan pribadi desain istimewa anda dengan secara mudah lewat jaringan online. Kunjungi juga manajemen-pemasaran.com untuk mendapatkan referensi manajemen terbaik dalam format digital secara lengkap dan terjangkau.

Leave a Reply